Social Icons

Rabu, 21 November 2012

Gaya K-pop yang Lagi Tren

You know me so well
girl I love you
girl I need you
girl I heart you

Lirik lagu ini mungkin sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Apalagi dengan munculnya parodi lagu tersebut yang dinyanyikan oleh sekelompok pelawak. Grup musik SM*SH, pelantun pertama hit itu, langsung melejit terkenal, terutama di kalangan remaja putri. Para personel band asal Bandung itu juga tampak imut dengan kulit putih bersih seperti penyanyi-penyanyi Korea.

Tak cuma grup band pria, tujuh gadis remaja Indonesia, 7Icons, juga meniru-niru gaya dara lincah Korea dengan berpakaian memakai rok pendek di atas dengkul. Sinetron Indonesia bergenre seperti film Korea pun menambah demam film seri asal Negeri Ginseng di televisi Indonesia.

Selain tayangan dan grup band, yang paling mencolok adalah gaya rambut. Menurut pengamat mode dan gaya hidup, Muara Bagja, populer ala Korea atau lebih dikenal dengan istilah K Pop merupakan bentuk pembebasan jiwa anak muda. “K Pop menyajikan gaya atau sikap tak acuh, cuek, dan seenaknya. Dengan rambut yang tidak disisir, hanya dirapikan dengan jari tangan, serba acak-acakan,” katanya.

Gaya ini, menurut Muara, berkiblat pada potret kegandrungan yang mewakili tokoh animasi atau kartun Jepang atau para tokoh pahlawan manga. “Di Taiwan dan Korea, gaya ini dikembangkan menjadi lebih modis,” ujarnya.

Perilaku itu berasal dari kesukaan remaja atau orang muda Jepang, Taiwan, dan Korea membaca komik dan menonton kartun dari Negeri Matahari Terbit. Di negeri yang baru saja tersapu tsunami itu memang ada gaya Harajuku, tempat berkumpulnya remaja jalanan di sekitar stasiun kereta bawah tanah Harajuku, Shibuya, Jepang.

“Gaya rambut serta dandanan memang tampak berantakan. Pokoknya rambut panjang dengan potongan asimetris atau trap berupa cabikan potongan tidak rata di sana-sini pada bagian rambut depan dan belakang,” kata Muara.

Rambut model K Pop lebih modis tampaknya karena meski tidak disisir, rambut diberi gel biar tampak basah dan menawan. Kini, yang menarik adalah gaya poni K Pop menjadi inspirasi yang juga dipakai Justin Bieber. “Bieber itu perpaduan Harajuku, K Pop, dan Beatles. Poni rambut bagian depannya berupa poni lempar dengan rambut yang terlihat sedikit modis,” ujar Muara. “Terkesan agak rapi karena potongannya pendek menyerap dari gaya The Beatles. Bieber juga seorang K Popwan.”

Kalau kini K Pop menjadi kiblat gaya atau tren baru bagi remaja Indonesia, hal itu tak lain karena lebih menarik dari sisi kerapian, serta variasi poni yang menawan hati para anak muda di Tanah Air. Potongan rambut berponi ala K Pop pun, menurut Muara, kini telah bergeser dari polem alias poni lempar menjadi rambut bagian depan, bagian atas kuping, hingga memutar ke belakang dicukur habis ala kliper sehingga kulit kepala kelihatan.

“Ini eranya animasi atau manga yang membuat orang muda ingin berteriak tentang kebebasan melalui gaya dan penampilan. Indonesia selalu mengikuti atau tepat meniru yang dikembangkan dengan gaya cuek atau tak acuhnya,” kata Muara.

Tentu saja meniru gaya Korea juga tak lepas dari nama-nama artis yang begitu fasih disebut dari mulut-mulut remaja Indonesia yang menggandrunginya, seperti Jang Geun-sook, Kim-bum, Kim Tae-hee, Ha Ji-won, atau gaya girls generation Seo-hyeon. Mudah-mudahan remaja Indonesia tak meniru Korea dari luarnya saja, tapi juga dari etos kerja dan semangat mencintai produk negeri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
My Zimbio
Top Stories Read more: http://bloggerpas.blogspot.com/2012/01/8-tips-membuat-blogger-seo-friendly.html#ixzz2EL6eo24x Read more: http://bloggerpas.blogspot.com/2012/01/8-tips-membuat-blogger-seo-friendly.html#ixzz2EL6eo24x